Posted by : Unknown Minggu, 26 Oktober 2014

 Akar bit (Beetroot/beets) nampaknya masih jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain masih asing di telinga dan jarang ditemukan, tidak banyak orang Indonesia yang mengetahui khasiat hebat dari tanaman ini. Bit juga dikenal dengan nama akar bit atau bit merah, dan merupakan salah satu varietas dari Beta Vulgaris. Tanaman ini mirip umbi-umbian berwarna merah, berupa akar, dan paling sering ditemukan di Inggris dan Amerika Utara. Di Indonesia, kita bisa menjumpai sayuran unik ini di supermarket-supermarket.

Manfaat Kesehatan Akar Bit

Sama seperti sayuran lainnya, akar bit juga menawarkan segudang manfaat yang baik bagi kesehatan, beberapa diantaranya adalah membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan performa tubuh.
Seorang konsultan dari Guy’s and St Thomas di London, Dr Andrew Webb, telah melakukan penelitian pada akar bit selama beberapa tahun. Dr Webb menemukan bahwa bit memang mampu membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi, seperti yang dilansir dari Daily Mail (21/10)
Hasil tersebut ditemukan setelah para peneliti membandingkan manfaat dari akar bit dengan makanan lainnya seperti bawang putih dan semangka. Bahan-bahan tersebut diuji coba untuk dikonsumsi pada tiga kelompok peserta yang diberikan makanan berbeda setiap minggunya. Kemudian, para peneliti menganalisa tingkat tekanan darah mereka.
Bawang putih yang memiliki kandungan allicin, yakni sebuah zat organosulfur yang dapat membuka pembuluh darah serta melancarkan aliran darah. Di sisi lain, akar bit dan buah semangka diketahui dapat meningkatkan kadar asam nitrat yang juga bisa membuka pembuluh darah.
Dr Webb menjelaskan bahwa akar bit mengandung nitrat yang tinggi. Nitrat tersebut akan terserap ke dalam darah dan dikeluarkan melalui air liur. Pada air liur, bakteri memetabolisme nitrat tersebut menjadi nitrat oksida yang dapat membantu menurunkan hipertensi.
Sebagai informasi, nitrat sangat baik dikonsumsi ketika sayuran atau buah masih mentah. Maka dari itu, sangat disarankan untuk makan akar bit dalam keadaan mentah ataupun setelah direbus. Namun jangan mengupasnya ketika direbus agar nitrat tidak keluar pada air.
Berdasarkan penelitian ini, diketahui bahwa akar bit menawarkan manfaat yang baik dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan mengendalikannya agar tetap stabil.
via Merdeka | image : goorganicnyc.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © andre's blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -