Posted by : Unknown Minggu, 26 Oktober 2014

Sibuk dengan aktivitas sehari-hari yang begitu padat seringkali membuat kita jarang olahraga. Padahal, olahraga sangat penting bagi kesehatan kita. Olahraga adalah kegiatan yang seharusnya tidak diabaikan begitu saja, bahkan aktivitas ini seharusnya rutin dilakukan agar tubuh tetap bugar dan terhindar dari penyakit. Selain baik untuk fisik, olahraga juga baik untuk psikis.

Turunkan Risiko Gagal Jantung Dengan Olahraga

olahraga dan gagal jantungKita bisa membandingkan orang yang jarang atau tidak pernah berolahraga dengan yang sering atau rutin berolahraga. Orang yang jarang atau bahkan tidak pernah berolahraga umumnya cenderung terlihat lemas, lesu, tidak segar, dan mudah stres. Sebaliknya, orang yang rutin berolahraga cenderung terlihat lebih segar, percaya diri, dan bersemangat.
Di sisi lain, sebuah penelitian dilakukan oleh American Heart Association, rutin berolahraga bisa menurunkan risiko gagal jantung hingga 46 persen. Penelitian ini dilakukan pada tahun 1997, di mana para peneliti Swedia menganalisa sekitar lebih dari 39.000 orang berusia antara 20 hingga 90 tahun yang tidak mempunyai gagal jantung. Semenjak itu, para peneliti mengikuti level kebugaran mereka dari waktu ke waktu dengan memberikan kuesioner tentang aktivitas fisik mereka, gaya hidup, penggunaan obat-obatan, merokok,
Kemudian para peneliti mengolah data-data tersebut untuk melihat apakah mereka mempunyai risiko mengembangkan gagal jantung atau tidak. Hasilnya diketahui bahwa mereka yang paling aktif meluangkan waktu untuk berolahraga dengan intensitas sedang selama 1 jam atau intensitas berat selama 30 menit per hari, berada pada risiko yang rendah (46 persen) untuk mengembangkan gagal jantung.
Sedangkan mereka yang berisiko besar mengembangkan gagal jantung adalah laki-laki berusia tua yang memiliki tingkat BMI dan rasio pinggang-pinggul yang tinggi, memiliki riwayat serangan jantung, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes, dan tingkat pendidikan yang rendah. Namun walaupun risiko besar terjadi pada laki-laki, olahraga juga bermanfaat bagi wanita.
Jadi untuk terhindar dari terjadinya gagal jantung, sebaiknya anda menyediakan waktu setiap hari setidaknya 30 menit hingga 1 jam per harinya untuk berolahraga. Anda tidak perlu lari maraton untuk melakukannya, cukup lakukan aktivitas fisik yang ringan saja seperti jogging, jalan kaki, dan lain sebagainya.
via JPNN | image : ihrsa.org

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © andre's blog - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -